Selamat Datang Di Bandar Uyah

Wednesday, December 6, 2017

LINTASAN SEJARAH BLAMBANGAN

LINTASAN SEJARAH BLAMBANGAN
Foto Ilustrasi Sumber Foto

1. Bagian awal dalam Lintasan Sejarah Blambangan ini sebenarnya belum sama sekali menyentuh Sejarah Kadipaten Balumbung apalagi Kerajaan Blambangan. Dan, sebagaimana biasa penulis terus menerus menghubung2kan kesimpulan yg di-gebyah-uyah, bahwa SEMUA YANG DI TIMUR = BLAMBANGAN. Tidak perlu memaksakan diri untuk mengutipnya, hanya femi mengejar target "ilmiah".
2. Benarkah Menak Dedali Putih adalah Menak Sembuyu? Benarkah Dedali Putih adalah Bhre Pakembangan?
3. Benarkah Dalem Juru adalah saudara dari Sri Kresna Kapakisan?
4. Benarkah ada Raja Blambangan yg bernama Macan Putih?
5. Benarkah Tahun 1459 sezaman dengan berdirinya keraton Blambangan II yang terletak di Tembokrejo Muncar?
6. Benarkah Dewi Sekardadu puteri Menak Dedali Putih?
7. Benarkah Menak Dedali Putih mernah melakukan perlawanan terhadap Majapahit?
8. Benarkah Jaka Sengoro adalah anak dari patih Bajul Sengoro?
9. Mengingat apa itu Babad Tanah Jawi, siapa penulisnya, dan apa tujuannya ditulis, sepertinya agak kurang bijak jika kita mengutipnya sebagai rujukan utama untuk menulis Sejarah Blambangan.
10. Siung Laut kok cucu dari Menak Dedali Putih dan merupakan anak dari Rabut Macanpethak. Bagaimana urutannya ini?
11. Darawati permaisurinya siapa sih? Ini tahun 1478 loh...
12. Adipati Pecattanda, Raden Kusen, kok bisa jadi andalan Kerajaan Demak? Bukankah dia terikat sumpah setianya pada Sunan Ampel untuk selalu membela Majapahit?
13. Sultan Bintara mengutus dua orang adipati ke Blambangan. Namun kedua adipati tersebut tewas dikeroyok oleh Adipati Gedung, Bandung, dan Pejarakan, serta Adipati Sidapeksa. Idih, beraninya main keroyok...
14. Dapat sumber dari mana ini, kok Adipati Pecattanda, Raden Kusen menaklukkan Blambangan? Kapan? 
15. Dalam pertempuran antara Demak dan Blambangan maka fihak Blambangan banyak menderita kekalahan. Wes to, pokoknya SALAH + KALAH = BLAMBANGAN.
16. Jika memang alurnya seperti itu, lantas siapa SRI JURU yg tiba2 bisa jadi raja Blambangan menggantikan Siung Laut? Bisa jawab?
17. Ciye... Waturenggong menikahi Ni Bas (puteri SRI JURU) untuk membendung masuknya Islam dari arah Barat (Mataram-Demak). Adudomba agamanya jelas sekali. Jelas karena disitu dosebutkan bahwa masa pemwrintahan SRI JURU adalah sekitar tahun 1478 - 1498. Sedangkan Mataram Islam baru berdiri tahun 1600an (abad 17). Maksa banget agar bisa mempwrtwntangkan agama dg Sejarah Hoax.
18. Sebanyak 1600 orang prajurit Gelgel diangkut dengan menggunakan 25 perahu. Artinya 1 perahu membawa 64 orang. Hanya dengan kekuatan sebesar itu bisa menaklukkan Blambangan yg luas wilayahnya dan jumlah penduduknya jauh lebih besar? Aneh. Kalau begitu coba di cek siapa Drs. A.A.B. Wirawan yg menulis cerita tersebut. Siapa dia?
19. Dr. H.J. De Graaf mengatakan: "Menurut sejarah Bali Selatan, raja itu (Dalem Waturenggong) telah memerangi Raja Blambangan... dst. Anda mau menulis sejarah Blambangan apa Sejarah Bali pak?
20. Diatas disebutkan: "Ni Bas bunuh diri. Blambangan jatuh dan dikuasai Bali. (Drs. A.A.B. Wirawan, hal.7)" sedangkan di bawah disebutkan lagi: "Ni Bas dapat lolos dari Waturenggong, berkat bantuan salah seorang saudara lain ibu yang bernama Bima Cili. (Dr. H.J. Graaf, hal. 240)." Lebih baik Drs. A.A.B. Wirawan musyawarah dulu bersama Dr. H.J. Graaf untuk menentukan enaknya bagaimana? 
21. Dr. H.J. Graaf mengatakan bahwa: Mereka berdua (Bima Cili dan Ni Bas) melarikan diri ke Pasuruan yang sudah Islam. Terus kenapa kalau sudah islam?
22. Saya bisa juga ngarang cerita semacam ini kalau mau saling menyerang agama dg saudara2 kita yg lain. Tapi PERSATUAN NASIONAL itu yg harus dijunjung tinggi. Dalam memgkaji sejarah, tidak perlulah kita membawa ego agama dan fanatisme kesukuan seperti di grup lain, hanya demi terlihat n diakui sebagai yang paling hebat. Kita 1 Indonesia, dan kita SAUDARA.
23. Menak Pati dan pengikutnya dibantai oleh ekspedisi dari Gelgel. (Blambangan = Salah + Kalah), Itu rumus pasti.
24. Raja Candhi Bang (Menak Cucu/Menak Jingga, atau Santaguna) mengambil alih Blambangan. Yg jelas dong... Menak Cucu apa Menak Jingga apa Santaguna? Beda tahun, beda tempat, kok bisa ditulis Atau...
25. Ketika Dalem Waturenggong menguasai Blambangan maka pada tahun 1565 Blambangan dirajai oleh Santaguna di bawah pengaruh Gelgel. Berapa lama Dalem Waturenggong berkuasa di Gelgel? Sampai Blambangan sdh berulang kali ganti raja (yg susunannya gak jelas itu) kok di Gelgel tetap sama aja rajanya?
26. Dan ketika Gelgel menjadi lemah di bawah Raja Bekung, Santaguna menyatakan bebas dari Gelgel. Santaguna raja Panarukan apa Blambangan sih? Maksa banget.
27. Santaguna Raja Blambangan? Wah, maksa banget sih. Nama puteranya aja gak tau gitu.
28. Pajang tidak pernah melebarkan wilayahnya karena sibuk dg perang saudara. Perang antara Sultan Hadiwijaya vs Arya Penangsang setelah itu perang Sultan Hadliri vs Panembahan Senopati. Gak sempat mikir perluasan wilayah. Kok bisa disebut menguasai Panarukan? Aneh!
29. Panarukan masih di bawah pemerintahan "kafir". Namun tidak ada tanda atau bukti, apakah Santaguna itu bawahan Raja Gelgel. Maksudnya apa coba?
30. 1586 - 1587, Blambangan ada di bawah pengaruh Kerajaan Mataram. Ada bukti bahwa Panembahan Senopati pernah menguasai Blambangan? Gak ada. Catatan terjauh kekuasaannya hanya sampai Pasuruan. Itupun bukan diperoleh dg perang, tapi Bupati Pasuruan datang sendiri ke Madiun menyerahkan upeti. Jadi, dimasa Panembahan Senopati, Mataram belum pernah menginjakkan kaki di Blambangan.
31. Blambangan jatuh ke tangan Ki Panji Sakti. Ini sangat tidak mungkin jika dihitung bahwa saat itu Kerajaan Buleleng saja baru berdiri, belum punya kekuatan militer yg kuat. Penduduknya masih sedikit. Sedangkan Blambangan adalah kerajaan tua, wilayahnya luas, dan penduduknya banyak. Ini adudomba. Karena Blambangan n Buleleng rajanya sama2 menantu n pendukung Untung Suropati, maka perlu diadu begini agar bermusuhan.
32. Setelah dibaca semua, pernah anda menemukan sejarah Blambangan dimana kerajaan ini benar2 merdeka? Tidak pernah! Selalu dijajah sana sini dan seterusnya sampai kompemi. Rumusnya tetap ya: Kalah + Salah = Blambangan.

2 comments:

  1. meskipun saya tidak begitu paham mengenai sejarah masa lampau, akan tetapi melalui artikel ini sangat membantu mengingat sejarah masa lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah berkunjung... semoga bermanfaat artikel yang saya publish.. seutuhnya artikel di tulis oleh teman teman dari team blambangan kingdom x-plorer. terimakasih

      Delete