Selamat Datang Di Bandar Uyah

Wednesday, December 6, 2017

LINTASAN SEJARAH BLAMBANGAN 3

LINTASAN SEJARAH BLAMBANGAN 3


Setelah masa-masa (pemberontakan Sadeng) itu Blambangan tidak terdengar lagi beritanya namun pada tahun 1343-1364 M. penguasa Blambangan adalah keluarga-keluarga asal Majapahit yang diangkat oleh Patih Gajahmada bersamaan ketika Gajahmada menyerang Bali.
Babad-babad Bali menyatakan bahwa saudara Sri Kresna Kapakisan yang kedua, diangkat sebagai Cakradara di Blambangan. (Babad Buleleng hal. 124 Kt. Ginarsa/ Suparman HS, masuknya Islam di Buleleng bag. Ill hal. 7)
Menurut sejarah Blambangan dan Bali, Drs. I Gusti Ngurah Rai Mirsha hal. 1 : Yang diangkat di Blambangan adalah putra tertuanya yang bernama Dalem Juru (Hal ini dikutip dari Babad Brahmana Catur).
_______________________
Catatan penulis
Sekali lagi, ini adalah ketidakhati-hatian peneliti. Bagaimana saudara Sri Kresna Kepakisan justeru bernama Dalem Sri Juru.
Kesalahan pada sumber awal akan menjadi efek domino beruntun dengan melahirkan kesalahan-kesalahan baru terus menerus dan semakin jauh dari alur sebenarnya.
Maka, teruslah meneliti Blambangan dengan sumber mainstream dan sumber2 lain dari luar Blambangan agar semakin jelas yang bengkok dari yang mendekati kelurusan

No comments:

Post a Comment