Selamat Datang Di Bandar Uyah

Tuesday, May 24, 2016

Oeloepampang Dimanakah Letaknya Kota itu

Peta banyuwangi Jaman Voc Belanda
Oeloepampang Dimanakah Letaknya Kota itu?
Pada zaman pendudukan Kumpenl sampai I776,Nama kota ini sangat terkenal dan terpenting.karena kota tersebut adalah Ibu kota pemerintahan Blambangan yang berstatus Residensi,merupakan kota terbesar serta pelabuhan terbesar ketika itu,dan disana diperkuat dengan sebuah benteng milik Kompeni.
Tetapi dalam tahun l774 - 1776,semenjak kantor Residen pindah. ke kota Banyuwangi,semua perangkat residentsi dipindah ke Banyuwangi.Kemudian penduduk Oeloepampang mengikuti pindak dan bermukim di Banyuwangi.
Waktu berjalan terus, kota Oeloepampang terbenam dan sekarang sudah hilang tidak berbekas.Kita hanya bisa melacak dengan membaca melalui dokumen dokumen tertulis serta kepustakaan saja,dimanakak kira kira letak kota Oeloepampang tersebut.
lmuwan DR.TH.G.TH PIGEAUD ) menjawab di Mana Oeloepampang tersebut berada,sebagaimana keterangannya dibawab ini ;
'Sesudah pengasingan Wong Agung Wilis ke Selong berpindahlah Tuan Bek (Adriaan van Rijk) ke Pampang,dan disana mendirikan loji (dalam laporan-laporan resmi Kompeni kebanyakan disebut Oeloepampang, dipesisir dimuara Kali Pampang,dekat dusun kecil Tratas,sebelab selatan Muncar)
Sedangkan menurut Resolosi 7 Desember 1773.hanya menerangkan bahwa Oeloepampang tersebut ada/ atau di desa Packie Siram.
Tentang kesejarahan 
Mr.P.LUZAC. Opperkoopman,Gezagbebber Java's Oostboek3) telah menganalisa bahwa daerab Blambangan bertahun tahun hingga sekarang hampir seabad berlangsung sebagai repuplik tersendiri [Negeri tanpa Raja] bebas dari raja Jawa.
Dan sudah bertahun-tahun berselang menjelang VOC menaklukan daerah Blambangan berada dibawab pelindung (pengayom ) Gusti Agung dari Bali dan banyak orang orang Bali yang bermukim di Blambangan.

No comments:

Post a Comment